BEM Umitra Lampung Menggelar Seminar Nasional Pendidikan


Share On :

Bandar  Lampung, Badan Eksekutif Mahaisiswa ( BEM ) Umitra Lampung menggelar seminar Nasional Pendidikan Nasional . Kegiataan tersebut diadakan di ballroom kampus  Umitra Lampung yang beralamat di Jl. Zainal Abadin Pagar Alam No.7 Gedung Meneng Bandar Lampung.Sabtu ( 30/6 )

Seminar tersebut menampilkan dua tokoh nasional  sebagai narasumber  yakni  Dr. H. Andi Surya, anggota MPR/DPD RI  dan Drs. H. Almuzzamil  Yusuf . M.Si Anggota DPR RI. 

Seminar yang  bertemakan ”Peran Pendidikan Sebagai Pembangunan Karakter  Bangsa Dan Mewujudkan Generas Emas Indonesia “dihadiri oleh 300an peserta yang terdiri dari dosen,karyawan dan mahasiwa Umitra lampung. 

Dr. H. Andi Surya dalam paparanya menyampaikan,” Pengelola lembaga pendidikan harus menguatkan pondasi utama yaitu Komitmen awal, profesionalisme dan  pengembangan sumber daya manusia sehingga tujuan pendidikan itu tercapai,” 

Komitmen atau niat awal sangat penting dilakukan sebagai arah dan tujuan perjuangan  yang hendak di capai, agar lembaga pendidikan  tidak  salah  atau kehilangan  arah. Tidak sedikit lembaga  yang sudah maju,  melupakan cita-cita ideal hingga kehilangan orientasi dan arah tujuan. 

Selanjutnya  profesionalitas  dalam mengelola sarana pendidikan, Walaupun  sarana bukan penentu keberhasilan pembelajaran namun ketersedian fasilitas harus terbaru dan maksimal. Pencapaian target akan lebih optimal manakala fasilitas pembelajaran  yang tersedia memadai. 

Pondasi yang terkhir adalah pengembangan sumber daya manusia yang baik.

Ketercukupan  kualitas dosen menjadi prioritas  utama pendidikan. Jika Dosen  kurang dan tidak memiliki kompetensi  yang memadai, maka kualitasyang dihasilkan akan rendah. 

Sementara itu, Drs. H. Muzzamil  Yusuf. M.Si Sebagai narasumber menyampaikan pandangannya mengenai persiapan bangsa  menyambut  era disruptif revolusi industri merupakan perubahan  skala di era disrutif yang ekspinensial 

“ Di pendidikan juga telah masuk era distrutif, Pemerataan  dosen  yang bergelar doktor di indonesia jumlanya masih kecil, kesejahteraan gaji dosen masih rendah di bandingkan dengan  dosen di luar negeri. Dengan demikian apresiasi dosen di negara maju lebih tinggi” Kata Muzzamil 

Selain itu, Muzzamil Juga  memberikan apresiasi kepada  BEM umitra lampung atas terselenggaranya  seminar nasional pendidikan yang dapat membuka wawasan bagi akademisi . 

Selanjutnya , dilaksanakan juga diskusi panel  yang di pandu oleh  Romi Hendri,M.Kom  sebagai moderator. Dalam  acara tersebut mederator menjelaskan  bahwa untuk menghadapi era disrutif, perguruan tinggai sudah seharusnya menghasilkan  sumber daya manusia bertingkat leader dan manajer. 

“Seminar Nasional pendidikan merupakan  program kerja  BEM umitra lampung  yang di laksanakan di kampus Umitra Lampung dan akan menjadi  agenda tahunan  untuk menguatkan visi dan misi dalam menghadapi tantangan milenia” Kata Presiden BEM Umitra, M. Khalid Fredy Saputra (Heri)