Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI Bekerjasama Dengan Umitra


Share On :

Sedikitnya  seribu peserta, yang terdiri atas pelajar SMA, mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), di Graha Surya, Bandar Lampung, Sabtu (17/2/2018).
Sosialisasi yang menggandeng Umitra ini menghadirkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dr. Oesman Sapta Odang selaku nara sumber utama. Oesman Sapta Odang  (OSO) yang juga sebagai Wakil Ketua MPR RI ini dalam orasinya menerangkan mahasiwa merupakan calon sarjana yang kelak sebagai generasi penerus bangsa.

Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia dalam ancaman karena generasi muda banyak terjerat narkoba. Ia mengatakan, untuk tidak terjerat dari ancaman narkoba maka masyarakat perlu mendapatkan pemahanan melalui empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.
"Narkoba adalah musuh negara karena dapat membunuh anak bangsa. Bila sudah terkena narkoba generasi menjadi lupa akan keluarga dan negaranya. Melalui sosialisasi empat pilar ini diharapkan  masyarakat akan menyadari dari bahayanya narkoba," sebutnya.

Pada kesempatan ini, sekaligus dilakukan peresmian dan penandatanganan prasasti Gedung Graha Surya.

OSO mengatakan, Indonesia memiliki keragaman budaya yang merupakan salah satu pilar kebangsaan, yakni Bhineka Tunggal Ika. Contoh, meski acara di Lampung, tapi dalam pembukaan acara sosialisasi ini ditampilkan tari cendrawasih, tarian daerah Bali, yang dibawakan oleh siswi-siswi SMA dan SMK Global Surya. “Itulah Indonesia yang penuh keberagaman. Kita semua rindu keberagaman ini,” tukas dia.

Sementara, Ketua Yayasan Mitra Lampung DR. H. Andi Surya menyatakan, selain mahasiswa Umitra, Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu juga mengundang berbagai elemen masyarakat Lampung. Anggota DPD itu juga meminta kesediaan OSO untuk meresmikan Gedung Graha Surya yang pembangunannya rampung satu tahun lalu. Graha Surya, merupakan sebuah gedung, sebagai salah satu pusat kegiatan akademik dan kesiswaan Umitra serta Global Surya School.

“Kami mensosialisasi Empat Pilar Kebangsaan karena ke depan akan menghadapi banyak hal. Harapan kami, sosialisasi yang disampaikan Bapak Oesman Sapta Odang menjadi bahan renungan bersama,” ujarnya

Andi juga menyatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan ditujukan kepada masyarakat umum guna mendapatkan pencerahan mengenai kehidupan berbangsa bernegara sebagai bahan dalam melaksanakan kehidupan dimasa mendatang.

Acara ini juga dihadari segenap undangan baik dari Forkopimda provinsi, kotamadya, dan sejumlah tokoh masyarakat  Lampung.