STIKes Umitra Terdepan Akademik dan Alumni Tersebar Di Seluruh Lampung


Share On :

Program STIKES  Umitra memiliki 2 bidang konsentrasi yaitu: Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat.

Baik Prodi Keperawatan atau pun Prodi Kesehatan Masyarakat di STIKes Umitra  telah memiliki status Akreditasi B oleh BAN PT. Hal ini diungkapkan oleh Waket III STIKes Umitra, Ir. Affan Zaldi Erya, di Umitra Information Share (UMISH).

STIKes Umitra sejak awal berdiri telah  menjalin kemitraan dengan intitusi kesehatan yang ada di Lampung, termasuk mahasiswa dan alumni dalam menjaring mahasiswa baru. Pola itu diungkapkan, Aldi, berkenaan dengan menyambut Tahun Akademik 2018/2019,baik jenjang strata 1 program studi kesehatan masyarakat,  dan keperawatan, serta program pendidikan profesi keperawatan Ners, di samping program pascasarjana kesehatan masyarakat. “Mayoritas tenaga kesehatan di Lampung adalah alumni STIKes Umitra. Pionir S1 Kesehatan di Lampung sejak 2001. Menyelenggara Pendidikan Profesi Ners sejak 2005, penyelenggara program pendidikan pascasarjana sejak 2009,” ungkap Aldi.

Beberapa hal yang membuat institusi STIKes Umitra, terdepan di Lampung, diantaranya menerapkan kurikulum Perguruan Tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan Manual Mutu Standard Operating Procedures (SOP).  Anggota AIPNI (Asosiasi Intitusi Pendidikan Ners).  Terjalin MoU dengan beberapa dinas, rumah sakit baik dalam maupun luar Lampung.  Staff pengajar  berpengalaman S2, S3  dan Guru Besar.Atmosfher Kemahasiswaan yang aktif (BEM, Himakes, UKM Seni Olahraga dan Budaya, UKM Mapala, UKM Menwa, UKM Pramuka, Lembaga Dakwah Kampus Addura, UKM Pers Mahasiswa Permata , Komunitas Presenter dll.) , menjadikan kampus ini sebagai kampus plus yang mensupport mahasiswa untuk care dengan lingkungan sekitarnya sesuai minat dan bakat yang dimiliki. “Tersedia beasiswa bagi yang berprestasi, Beasiswa Andi Surya, PPA, BBM dll,” ujar Aldi.

Anggota AIPTKMI (Assosiasi Intitusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia). Prodi kesehatan masyarakat lulus  uji kompetensi terbanyak di Lampung dan peserta ujikom terbanyak, Memiliki 5 peminatan unggulan yakni : Promosi Kesehatan (Promkes), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Epidemiologi, Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK) dan Kesehatan Reproduksi (Kespro). Prodi Keperawatan, memperoleh peringkat pertama dalam kelulusan uji kompetensi di regional 4 dengan kriteria peserta lebih dari 80.  Terhubung dengan bursa tenaga kesehatan di Timur Tengah. Memiliki laboratorium yang lengkap, diantaranya laboratorium keperawatan (lab.anatomi fisiologi, anak dan multimedia), laboratorium keperawatan jiwa, komunitas dan keluarga, laboratorium keperawatan maternitas, lab KMB & KGD, lab DKKD (dasar keperawatan dan keperawatan dasar).

Mahasiswa STIkes Umitra pun tidak hanya berasal dari Lampung, banyak pula yang berasal dari Sumatera Selatan, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, bahkan ada yang berasal dari Papua. “Banyak kelebihan yang lain juga dari STIKes Umitra, disamping prodi keperawatan S1 dan prodi kesehatan masuarakat s1 nya telah terakreditasi B, kampus ini memiliki fasilitas penunjang kemahasiswaan yang refresentatif, diantaranya swimming pool, lapangan futsal, basket dan bulu tangkis, lalu kantin yang higinis, Masjid Al Bait Ukhuwah sebagai pusat kajian keagamaan dan perpustakaan modern yang dimiliki oleh kampus,” pungkas dia.

Program Studi Keperawatan dapat ditempuh dalam waktu 4 tahun efektif, terbagi atas 8 semster, beban studi dengan 144 SKS.

Program Studi Kesmas dapat ditempuh dalam waktu 4 tahun efektif, terbagi atas 8 semster , beban studi dengan 144 SKS.

Program Pendidikan Profesi Keperawatan (NERS) dapat ditempuh dalam waktu 10 bulan, terbagi atas 8 semster , beban studi dengan 36 SKS.

“Prospek kelulusan untuk Pemerintah, Rumah Sakit , Poliklinik, Puskesmas, Rumah Bersalin, Instansi Kesehatan , Industri/Perusahaan Skala Nasional, BUMN, Institusi Pendidikan Kesehatan, Perusahaan Farmasi, Wirausaha dll,” urai Aldi.